Fansub (Indonesia) Anime Favoritku

Setelah bertahun-tahun mengenal dunia anime, tentu saja aku telah berulang kali mendengar dialog berbahasa Jepang, berkat itu aku mulai bisa paham tanpa membaca subtitle-nya. Karena itu jugalah, aku merasa sangat risih ketika apa yang tertulis di subtitle berbeda jauh dengan meaning aslinya. Itu yang membuatku mulai mencari fansub yang tidak ngasal dalam proses penerjemahan ke dalam bahasa Indonesia. Meskipun 90% diantaranya sering melakukan delay dan drop dalam berbagai proyek anime mereka, tapi dalam segi kualitas rilisan, empat jempol pun takkan cukup untuk mengapresiasi hasil kerja mereka.

Beberapa fansub ini bisa kalian jadikan referensi untuk mengunduh anime jika memang kalian lebih mengharapkan segi kualitas daripada kecepatan dalam setiap rilisannya (haha).

1. Moesubs (http://moesubs.com)

Fansub ini sudah berdiri cukup lama, yakni sejak tahun 2010, dan untungnya masih belum ada niatan dari foundernya untuk bubar menyusul fansub sesepuh lain. Staff-staffnya sangat unik, kocak, dan terkoordinasi.. itu bisa terlihat dari segi kualitas hasil rilisan mereka yang subtitle-nya selalu konsisten terhadap KBBI dan EYD (haha); dengan size video yang semakin membengkak dan menyakitkan buat hardisk (haha). Men-delay dan men-drop beberapa judul anime sepertinya sudah menjadi ritual musiman mereka, jadi ada kalanya kalian harus bersiap untuk kalap ketika harus mencari fansub lain yang merilis judul anime yang sama seperti Moesubs dengan kualitas yang tak kalah dari mereka. Jujur, dari pengalamanku itu bakalan susah banget nyarinya (hiks), tak jarang hanya menyisakan pilihan untuk mengunduh yang ber-subtitle bahasa Inggris.

1. Antifansub (http://antifs.eu)
"Kami tidak bekerja di bawah tekanan"
--sepertinya sudah menjadi motto andalan fansub satu ini. Jadi jangan heran kalau kalian tidak akan bisa menagih mereka untuk cepat dalam hal merilis proyek anime yang mereka kerjakan, atau merengek untuk mengecilkan size dewa dari video-nya, dsb. Staff di sana sering menggunakan sarkasme dalam menanggapi komentar leecher-nya, tapi justru dari itulah yang memberikan kesan keunikan dari "Anti" itu sendiri. Tentu saja, kualitas baik dari segi subtitle maupun video tidak perlu dipertanyakan.

1. Jalsubs dan AIAsubs (http://jalsubs.com dan http://www.aiasubs.com)
Kedua fansub ini sering joinan dalam berbagai proyek anime mereka, namun bukan berarti masing-masing tak punya proyek yang dikerjakan sendiri. Juga termasuk fansub sesepuh yang rilisannya masih kalah banyak dibanding kedua fansub diatas (mungkin). Dalam setiap musimnya mereka hanya mengambil 1-3 judul anime sebagai proyek, bahkan ada kalanya mereka tak mengambil satupun. AIA sendiri sering mengganti domain website-nya, mungkin itu yang membuat mereka sedikit agak sulit untuk ditemukan di search engine. Kedua fansub ini tak sesering Anti dan Moe dalam menge-drop proyek yang mereka ambil, tapi dalam hal men-delay, sepertinya penyakit mereka jauh lebih akut (haha). Subtitle andalan mereka adalah singkat, padat, dan jelas. Size video andalan mereka >100 MB, siap-siap beli hardisk external sana! :D


Nah, dari keempat fansub di atas, bukan berarti kalian bisa bertanya untuk membandingkan di antara mereka mana yang lebih baik atau lebih berkualitas. Keempatnya memiliki ciri khas masing-masing dengan setiap rilisan mereka, kok.

Sebenarnya masih banyak fansub berkualitas yang lain yang ingin kutulis, tapi aku sudah cape' mgetiknya, kapan-kapan aja deh (haha). Akhir kata, aku sangat berterima kasih atas hasil kerja keras dan kontribusi mereka di dunia per-fansub-an yang membuatku bisa menikmati anime selama ini, gak ada niatan menjelek-jelekkan fansub-fansub tersebut ataupun membandingan satu dengan yang lain, jadi jika ada pihak yang merasa tersinggung aku memohon maaf yang sebesar-besarnya.:) See you next time!

Penulis : Unknown ~ Sebuah blog yang menyediakan berbagai macam informasi

Artikel Fansub (Indonesia) Anime Favoritku ini dipublish oleh Unknown pada hari Sabtu, 13 Februari 2016. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.Terimakasih atas kunjungan Anda silahkan tinggalkan komentar.sudah ada 0 komentar: di postingan Fansub (Indonesia) Anime Favoritku
 

0 komentar:

Posting Komentar

diooda